Sabtu, 10 Januari 2015

Whisper of the Hearth : kisah Shizuku, si kutu buku yang suka menulis

Whisper of the Hearth : kisah Shizuku, si kutu buku yang suka menulis

Film ini merupakan film animasi Jepang buatan Gibli Studio tahun 1995. Menceritakan kisah Shizuku Fukushima (tokoh utama) dan Seiji Amasawa. Sesuai dengan judulnya, film ini bergenre film romantis. Lalu, kenapa saya jadikan bahan tulisan di blog? Haik! Shizuku dan Amasawa sama-sama seorang yang cinta buku dan perpustakaan. Lebih dari itu, Shizuku juga suka menulis. Banyak tampilan tentang buku dan perpustakaan di dalamnya. Berikut ceritanya kawan,,,,

Cerita bermula ketika Shizuka menemukan nama Seiji Amasawa dalam kartu buku yang ada di buku yang dipinjamnya dari perpustakaan. Beberapa buku yang dia pinjam, selalu ada nama tersebut. Shizuku pun membayangkan seperti apakah Seiji Amasawa itu. Ia memerikasa buku-buku di perpustakaan, dan tahulah ia bahwa Seiji lebih gila buku daripadanya. Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan seorang laki-laki yang memungut buku yang ia tinggalkan di kursi dekat lapangan sekolah. Anak itu tak lain adalah Seiji. Namu, Shizuku mengetahuinya jauh setelah itu, yaitu ketika Seiji memperlihatkan dirinya sebagai pembuat violin di toko barang antik kakeknya.

Seiji menyukai Shizuku. Namun, ia belum memperlihatkan perasaan itu pada Shizuku. Hal ini karena Seiji akan pergi ke luar negeri untuk belajar menjadi pembuat Violin yang handal. Jadi, ia harus meninggalkan Shizuku. Tahu jika Seiji benar-benar mengejar cita-citanya, Shizuku iri berat. Ia mencari keinginan jati dirinya. Dan ia menemukan dirinya bahwa ia ingin menjadi seorang penulis. Ia bertekad bulat, sangat konsisten, hingga nilai di pelajarannya menurun drastis dan membuat ibu Shizuku di panggil ke sekolah.

Ayah Shizuku yang merupakan pustakawan di perpustakaan umum tempat Shizuku seringkali berkunjung dan meminjam melihat kerja keras Shizuku dalam mencari referensi untuk menulis. Mereka sekeluarga bertemu dalam satu meja dan membicarakan tentang Shizuku. Sebagai keluarga, ayah dan ibu Shizuku mengerti dan memberikan kesempatan serta peluang bagi Shizuku untuk mencoba dan memilih masa depannya yaitu menulis novel dan menjadi seorang penulis.

Novel Shizuku berjudul Whisper of the Heart (Bisikan Hati). Novel ini menceritakan tentang Baron (boneka kucing yang berdiri di toko antik milik kakek Seiji). Kisah Baron ini ia tuliskan bersamaan dengan kisah kakek Seiji yang pernah diceritakannya pada Shizuku. Dalam menulis novel tersebut, Shizuku banyak dituntun oleh mimpi-mimpinya selama proses penulisan novel. Setelah novel itu selesai, kakek Seijilah yang menjadi pembaca pertamanya. Shizuku menunggu kakek selesai membca dengan khawatir. Kakek Seiji menyelesaikan dalam satu kali baca, dan mengatakan bahwa karya tersebut sangat bagus. Sebaliknya, Shizuku merasa itu jelek, dan ia harus belajar lagi.

Dengan selesainya novel itu, Shizuku yakin dengan masa depannya sebagai seorang penulis. Ia menyingkirkan rasa irinya tentang Seiji yang mengejar cita-cita menjadi pembuat Violin handal, karena ia juga akan menjadi penulis handal. Sebelum Seiji pergi meninggalkan Jepang, Seiji mengajak Shizuku melihat matahari terbit. Sembari memandang indahnya matahari terbit, Seiji melamar Shizuku. Dan kisah ini pun berakhir bahagia.

^_^        ^_^        ^_^

Yupz,,, menurt saya, film ini recommended untuk di tonton, karena di dalamnya mengulas tentang mengejar mimpi menjadi seorang penulis dengan bekerja dan usaha keras, serta pengorbanan. Menariknya, mereka adalah para pecinta buku yang juga cinta perpustakaan. Saya pribadai, sangat suka film ini :D

Berikut beberapa printscreen dari film Whisper of the Heart.


















Begitu ya,,, jika tertarik, coba cari filmnya, dan selamat menonton,,, :D


1 komentar:

Aang Siamang mengatakan...

ah, pas ngeliat kartu buku jadi inget anime sekaiichi hatsukoi gitu juga

5 tahun kemudian peran utamanya jadi editor, ketemu lagi sama senpainya yg jd chief editor dibully deh XDD

tapi genrenya bxb hahahaaa

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...