Jumat, 06 Oktober 2017

Njawani Sesuai Etika Jawa




Judul                : Unggah-Ungguh Basa Jawa : tata cara & etika penggunaan bahasa jawa
Penulis             : Umi Kuntari
Penerbit           : Pustaka Widyatama
Cetakan           : I, 2017
Tebal               : viii + 184 hlm
ISBN                : 978-979-620-186-0

Dewasa ini, bahasa yang sering terdengar adalah bahasa Indonesia, Inggris, dan beberapa bahasa asing seperti bahasa Jepang dan Bahasa Korea. Kondisi ini memperlihatkan tingginya minat belajar bahasa asing. Hal ini merupakan hal yang positif, namun alangkah baiknya jika tingginya minat tersebut diimbangi dengan penggunaan serta pemahaman terhadap bahasa daerah masing-masing. Banyak yang mengatakan bahwa wong Jawa ilang Jawane. Orang Jawa tapi tidak mengerti Bahasa Jawa, tidak paham penggunaannya, apalagi terhadap unggah-ungguh. Padahal kita tahu bahwa apabila unggah-ungguh diterapkan tentu harmonisasi hubungan antar manusia lebih dipenuhi dengan norma dan etika sehingga sopan santun dan saling hormat-menghormati terjaga dengan baik.
Umi Kuntari dalam bukunya Unggah-Ungguh Basa Jawa, membagi ke dalam 3 Bab. Pertama adalah tingkat tutur Bahasa Jawa. Ada 11 tingkat tutur. Mulai dari ngoko lugu sampai dengan Bahasa Kedaton dijelaskan dengan cara sederhana disertai contoh kalimat sehari-hari. Dijelaskan pula tata penulisan dan pelafalan dalam ejaan Bahasa Jawa seperti pelafalan ‘coro’ dan ‘cara’ yang memiliki lafal dan arti berbeda. Bab Kedua adalah contoh penerapan unggah-ungguh dalam percakapan dan kegiatan sehari-hari. Antara anak dan orang tua, pembeli dan penjual, percakapan takziah, menyampaikan uleman, sampai dengan percakapan dan unggah-ungguh dalam meminta maaf di Hari Raya. Selain itu juga dicontohkan dalam bentuk cerita dan khotbah. Pada bab ketiga dipaparkan daftar kata beserta tingkat tutur dan artinya. Seperti dalam kamus Bahasa Inggris ada tingkatan Verb 1, 2 dan 3. Dalam buku ini ada tingkatan Ngoko, Kromo Lugu dan Kromo Inggil.
Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami. Mudah untuk langsung dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, baik oleh orang yang mulai belajar Bahasa Jawa ataupun oleh orang Jawa yang mau menumbuhkan ke-Jawa-annya. Seperti halnya buku-buku belajar bahasa yang lain, alangkah baiknya jika buku ini disertai dengan CD pembelajaran. CD dapat digunakan untuk mendengarkan pelafalan bahasa Jawa yang baik dan benar.
Buku ini sangat cocok untuk siswa, guru, orang tua, atau siapapun yang ingin belajar unggah-ungguh Bahasa Jawa. Dengan adanya buku ini dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam membahasakan diri sendiri. Belajar unggah-ungguh bahasa Jawa sekaligus belajar etika pergaulan dengan norma-norma Jawa, semoga dengan membaca buku ini dapat menumbuhkan karakter dan budi pekerti yang  luhur. 

* Dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat, 27 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...