Jumat, 06 Oktober 2017

Berkawan IT untuk Kemajuan


Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan
Penulis             : Rhoni Rodin
Penerbit           : Calpulis
Cetakan           : I, 2017
Tebal               : x + 114 hlm
ISBN                : 978-602-6576-03-3

Tantangan pustakawan semakin hari semakin besar seiring dengan semakin canggihnya Teknologi Informasi (TI). Pustakawan dituntut untuk mampu mengembangkan diri dan perpustakaannya sesuai dengan tuntutan era informasi dimana faktor yang menonjol dalam era ini adalah pikiran dan pengetahuan (mind), sehingga muncullah apa yang disebut dengan Knowledge Management (KM). KM merupakan teknik untuk mengelola pengetahuan dalam organisasi untuk menciptakan nilai dan meningkatkan keunggulan kompetitif. KM inilah yang menjadi paradigma perpustakaan di era informasi ini.

KM atau disebut manajemen pengetahuan diterapkan dalam pengorganisasian bahan pustaka dan informasi di perpustakaan. Pustakawan dan SDM yang ada di perpustakaan memiliki pengetahuan yang berbeda-beda dalam pikirannya sehingga perlu adanya Knowledge Sharing, dengannya memungkinkan untuk pemahaman antar personil dalam sebuah teamwork dan menjadi kunci keberhasilan pengembangan perpustakaan.

Pengorganisasian informasi di perpustakaan tidak lepas dengan IT. Hal ini terlihat dari adanya sistem otomasi perpustakaan yang sangat membantu dalam melakukan berbagai kegiatan perpustakaan seperti pengolahan bahan pustaka, layanan sirkulasi, kunjungan pemustaka serta pembuatan laporan-laporan. Otomasi perpustakaan memungkinkan perpustakaan memiliki katalog yang mudah diakses baik secara lokal maupun online dengan sambungan internet. Adanya katalog online ini mempermudah temu kembali informasi yang menjadi tujuan utama perpustakaan yaitu mempertemukan koleksi dengan pembacanya.

 Buku ini sangat cocok untuk pengelola perpustakaan. Membacanya akan menjadikannya lebih melek terhadap situasi dan kondisi dunia kepustakawanan dan perpustakaan. Tantangan dan peluang dipaparkan untuk menambah semangat pustakawan dalam melakukan fungsi kepustakawanannya serta menjadikan IT sebagai partner kerja dan terus berinovasi untuk mengambangkan perpustakan dan menciptakan masyarakat informasi yang literate. 

*Di muat di Harian Kedaulatan Rakyat, Sabtu Pahing 27 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...