Kamis, 27 Agustus 2015

Kepustakawanan-ku, Where R U?




"Ketika yang namanya "Pustakawan" tapi cm bisa klasifikasi dan peminjaman. Dimanakah letak kepustakawanan itu? Yg notabene sebagai jembatan informasi. Informasi apaa saja yg telah diolah? Lalu skill licency kompetensi (bukan kemampuan dasar) apa yg diperoleh selama kuliah? Ijasah saja?" -- | Misbahul Munir | Facebook | 27-8-2015 | --

Nah lho,,,
Bener banget apa yang diomongin teman seangkatanku kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan ini. Ketika pekerjaan sehari-hari kita yang terlihat hanya seputar klasifikasi dan manajemen perpustakaan, apalagi hal yang lainnya???
Ini status yang menohok untuk jiwa saya yang notabene anak yang dilahirkan untuk kemajuan perpustakaan dan dunia literasi. Sedikit menyimpang, Naruto adalah anak yang diramalkan mampu mengubah masa depan. Dan ramalan itu benar-benar terjadi. Mengapa??? Karena Naruto memiliki prinsip dan tekad yang kuat, meski lingkungan banyak yang tidak mensuportnya. Namun ia mampu mengubah lingkungannya tersebut menjadi suport paling besar. Kalau menurut buku Remaja Revo yang kemarin habis di bahas, Naruto bisa berhasil salah satunya karena ia berhasil berperan seperti katak tuli. Kok katak tuli? (Pingin tahu lebih banyak? baca dulu bukunya yo!). 

Yosh! Kita semua adalah anak yang diramalkan. Harus mampu mengubah masa depan. Salah satunya dengan cara kembali melihat kepada diri tentang apa yang kurang dalam diri sehingga jiwa kepustakawanan memberontak??? Mari kita gali apa kehebatan kita yang lain. Yakin bahwa di dalam diri pustakawan ada jurus-jurus hebat dari raksasa yang belum terbangunkan.

Saya pribadi, akan mencoba untuk terus aktif membaca dan menulis, sehingga pikiran akan terbuka dan mampu membaca keadan sekitar dan kemudian tahu apa yang harus dilakukan lebih lanjut untuk menyalurkan jiwa kepustakawanan. Mencoba untuk share informasi yang relevan untuk komunitas perpustakaan. Ya. Membuat blog ini adalah salah satu hal yang terpikirkan oleh saya.

Terakhir, pada teman-teman pustakawan, khususnya pada saya sendiri, mari bulatkan tekad untuk memajukan dunia pustakawan menjadi dunia yang mampu mengubah keadan bumi yang sudah berbaur dengan berbagai virus. Smeoga kita mampu menjadi antidotnya.

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...