Senin, 24 Agustus 2015

Bahwa Buku Itu Penting, dan Pustakawan Itu Sangat Penting


Ya,,, Harro,,!!! (^_^)
Akhirnya telah sadar dari koma yang sudah cukup lama.

Shift telah kembali mulai bekerja. Dan hari ini saia masuk siang. Yes. 09.00 s/d 16.00. Yes. Pulang dengan tatapan matahari yang teduh dan hangat. Juga hilir mudik pengemudi yang sedikit tidak menentu.
Pada dasarnya saia senang sekali berlaku sistem shift. Ya karena pekerjaan rumah di pagi hari bisa tercover. Hmmm juga tidak banyak menolak siswa yang datang ke perpustakaan. Satu hal lagi, karena di X-banner tertulis "buka sampai jam 16.00" jadi ketika bener-bener sudah di shift, bener-bener bisa pulang jam 4 sore, berasa bukan pengkhianat. Sebenarnya tahun ajaran kemaren sudah berlaku shift, tapi kemudian terjadi penggantian kepala sekolah, dan ada beberapa kebijakan menjadi mandeg, salah satunya sistem kerja shift. Sempet awal bulan juli sampai dengan kemaren tanpa shift, dan ketika melihat X-Banner di depan, kok rasanya jadi pengkhianat ketika pulang jam 14.00. Huhuhuhu,,, dan alhamdulillah sekali, sekarang lega sudah bisa pulang jam 4 sore. Yeay! Jaya Perpustakaan! Jaya Pustakawan! (^_^)

Kok gak nyambung sama judul ya????
Sebenarnya bukan mau ngomongin hal di atas?
Ok, kembali ke judul,,, lets go,,,!

Telepon berdering. Dan Saia sedang meregangkan badan, tarik ulur tangan kaki di balkon perpustakaan setelah sedari siang (kan masuk siang ya,,) duduk mantengin komputer buat input buku sumbangan siswa yang jumlahnya ribuan,,,mata lumayan segar dan kekakuan tubuh mulai sirna,,

Pak T (maav nama dibuat inisial saja) yang menerima telepon tiba-tiba melambaikan tangannya ke arah saia, persis ketika menyerah dalam uji nyali. Dan berlarilah saia menuju telepon.
"Dari mana pak?"
"Ruang 1"
Whatttttsssss!!!!! Itu Ruang kepala sekolah. Belum juga menempelkan gagang telepon, jantung udah menggedor-gedor. Dan dengan agak gugup berlagak santai juga berlagak resmi, saia menjawab pertanyaan telepon. Hmmm,,, pada intinya, ada tamu dari Jakarta, dari Direktorat apa gitu (saya lupa namanya) mau bertanya-tanya tentang perpustakaan. Dan saia harus menjawabnya secara langsung. Mohon untuk menuju ruang 1.

Panik. Belum pernah masuk ruang 1. Bismillah,,, tenang dan pasti bisa! Rasanya benar kayak mau ujian pendadaran.

Singkat cerita, ternyata yang dipanggil bukan hanya saia. Ada dari perwakilan guru (2 orang), perpustakaan (saia sendiri, ehm), dan 3 siswa (dari jurusan berbeda). Pertemuan di adakan di ruang rapat 1. Tamu dari Jakarta ada 3 orang (2 ibu-ibu, dan 1 bapak-bapak). Mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang kurikulum 2013 yang sudah dilaksanakan di SMKN 2 Yogyakarta. 3 orang tersebut di bagi, satu menangani guru, satu menangani perpustakaan, dan satu menangani siswa.

Bagian saia, tentang buku-buku kurtilas yang datang. Apakah sudah sesuai dengan jumlah murid? Apakah sudah sesuai dengan guru? Apakah pengirimannya terlambat? Apakah kurang? bagaimana sistem peminjamannya, pengembaliannya, dan lain-lain-lain-lain sebagaianya. Dan alhamdulillahh,,, lancar jaya tanpa kurang suatu apapun.

Dari sini saia mau menyimpulkan bahwa mengapa perpustakaan masuk dalam keperluan tinjauan ulang. Karena buku-buku itu adalah pedoman dan kerangka untuk siswa dan guru menjalankan sistem pembelajaran. Jika buku-buku mendapat masalah, pembelajaran juga akan bermasalah. Contohnya saja, ketika pengiriman buku kurtilas yang notabene harus sudah digunakan Juli tapi pengirimannya sampai bulan September, maka itu akan menjadi masalah, bagi siswa, guru, dan perpustakaan! Ya, perpustakaan juga andil, karena kemudian proses buku tersebut harus diminta cepat karena keburu mau dipakai. Alhasil, proses dengan cepat, dan kadang kala yang harus cepat itu sedkit meninggalkan ketidakbenaran (maksudnya, mesti ada kekeliruan sedikit. Sedikit aja.) Nah, itulah pentingnya buku. Dan siapa yang memprosesnya, meminjamkannya, dan mengatur bagaimana supaya semuanya terkendali,,,, that is LIBRARIAN! Yo! pustakawan itu sangat penting di sini! Ketika buku belum datang, saia teramat sering mendapatkan  pertanyaan "Mbak, buku kurtilas untuk kelas X/XI/XII sudah ada? sudah siap?" 

Yah,, itulah sedikit cerita tentang buku kurtilas, guru, siswa, peprustakaan, dan pustakawan.
Di panggilnya saia untuk menjawab pertanyaan tamu dari Jakata tadi membuat saia semakin sadar bahwa buku itu penting, dan pustakawan itu sangat penting. Dan saia adalah seorang pustakawan. Maka saia,,,,,,(^_^)

Mata Ashita,,,

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...