Selasa, 25 Agustus 2015

Remaja Revo


Judul      :  Remaja Revo: tekad pantang menyerah
Penulis   :  Purnadina
Penerbit :  Yogyakarta / Leutika / 2010
Kolasi    :  164 hlm.; 19 cm.
ISBN     :  978-602-8597-27-2


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
 Bukan novel bukan sihir, juga bukan novel sihir, tetapi buku ini mampu membangkitkan gejolak jiwa semangat hanya dengan sekali baca. Yup, Remaja Revo adalah buku dengan genre motivasi yang dikemas remaja banget oleh Purnadina.

Enak, renyah, dalem, menohok, tapi menyenangkan dan me-refreshkan hati dan pikiran. Buku ini cocok untuk para remaja-remaja yang galau dengan masa depan, krisis kepribadian, patah semangat, dan sangat cocok untuk remaja (maupun yang bukan remaja) yang sedang dalam pencarain jati diri.

Buku ini memuat 20 sub bab. Sub bab tersebut saling berantai dari awal hingga akhir. Dari membangunkan raksasa hingga menerima dunia apa adanya. Purnadina mengemas buku dengan sangat detail. Setiap sub bab berisi dengan judul dengan pemilihan kata-katanya sangat menggairahkan, dilanjut dengan kata mutiara / kata motivasi dari orang-orang besar di dunia, kemudian sekelumit uraian nasehat yang terkait erat dengan kata motivasi sebelumnya. Nasehat ini meski sekelumit tapi benar-benar padat akan makna yang teraplikasi dalam kehidupan remaja sehari-hari. Bahkan, Purnadina juga menambahkan kebiasaan-kebiasaan remaja yang seringkali muncul. Setelah sekelumit nasehat, kemudian ditambahkan kisah. Kisah inilah yang sangat mengena. Seolah-olah Purnadina memberikan contoh aplikasi sebenarnya tindakan dalam dunia nyata. Di belakang kisah, tidak lupa selalu ada hikmah di balik kisah. Hikmah ini menerangkan lebih lanjut tentang kisah yang telah dipaparkan. Setelah semua tertuang, kemudian ada komitmen diri untuk melangkah, yang berisi "langkah apa aja yang harus dilakukan!". Jelas dengan paparan semua itu, Purnadina masih menambahkan komik strip yang berasal dari kisah sebelumnya. 

Hmm,,, menarik bukan cara penulisannya? Mulai dari menyuruh melakukan (judul), memberikan kata yang baik (kata mutiara), memberikan nasehat, mencontohkan dengan kisah, memaknai kisah, dan memberitahukan langkah selanjutnya, juga hiburan komik strip. Runtut, dan menjadikan renyah sekali. Kata-kata yang digunakan juga santai sehingga remaja tidak akan lelah membaca buku ini sekali habis.

Remaja Revo ini memberitahukan kepada kita bahwa kita harus membangunkan raksasa yang ada dalam diri pribadi kita. Raksasa ini lah yang sebenarnya adalah bakat terpendam kita. Setelah membangunkannya, kita harus selalu rutin mengasah sehingga semakin tajam dan sempurna. Untuk lebih hebat lagi, kita perlu mencari nasehat yang tepat, dan ingat, meski banyak nasehat yang kita terima, kita harus saring itu semua, karena yang tahu tentang kita adalah kita sendiri. Yes, nasehat paling tepat adalah dari diri sendiri. Selalu menasehati diri, dan jadilah orang yang bermimpi untuk mengepakkan sayap hingga tinggi dan menguasai hal yang berasal dari bakatmu. Jangan hanya mau hidup seperti air mengalir. Ambillah resiko dan gali akan kedalaman kemampuan bakatmu, dan optimislah! Jangan perdulikan apa kata orang yang akan menghancurkanmu, maksimalkan penggunaan waktu, karena waktu adalah hal yang paling berharga, dan dalam waktu-waktu tersebut, bertindaklah dengan penuh cinta, karena cinta akan membawa kesuksesan yang indah. Belajarlah menjadi bijak. Bijak bertindak, berucap, berfikir, merasa, bijak pada diri, orang lain, dan alam. Bertekadlah pantang menyerah, dan jangan pernah menunda apa yang telah kamu rencanakan. Semangat dan yakinlah, maka ketakutan mu akan resiko akan hilang. Fokus pada tujuan, tapi jangan lupa untuk tersenyum dan tertawa pada sesama dan lingkungan sekitarmu, kejarlah masa depan dengan berpijak pada masa lalumu, dan terakhir terimalah apa adanya apa yang terjadi di duniamu.

Yup,, itu adalah ringkasan kecil dari sebuah buku yang hebat. Membaca ringkasan tidak akan membuatmu puas dan paham, So,,, cari bukunya, dan bacalah hingga selesai, lalu bangunkan raksasa yang tengah tidur dalam dirimu!!!

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...