Sabtu, 10 Januari 2015

Membangun Citra Pustakawan

Membangun Citra Pustakawan

Citra bisa diartikan sebagai gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, ataupun produk. Ada  komponen yang berkaitan erat dengan pustakawan, yaitu pustaka (dalam hal ini adalah sumber informasi yang ada di perpustakaan) dan layanan, perpustakaan, dan pustakawan itu sendiri. Apabila dikaitkan dengan pengertian citra tadi, maka pustakawan dapat dikatakan sebagai pribadi. Perpustakaan sebagai perusahaan/organisasi. Dan pustaka dan layanan sebgai produk.

Bagaimana gambaran pustakawan di mata masyarakat tergantung dari  3 pokok komponen di atas. Namun, komponen pustakawan menjadi tolok dari keseluruhannya. Mengapa? Karena produk dan organisasi berjalan baik atau tidak tergantung dari SDM nya yaitu pustakawan. Bagaimana seorang pustakawan bersikap dan bertingkah laku terhadap masyarakatnya terkait dengan produk dan organisasinya.

Banyak pustakawan yang tidak PD dengan profesinya. Why??? Padahal ini adalah profesi yang menurut saya bergengsi. Seorang dosen saya pernah mengatakan, jika profesi ini ditekuni, pustakawan bisa menjadi profesor ilmu pengetahuan. Percaya diri lah pada diri Anda dan profesi pustakawan. Rekan saya Roro mengatakan menjadi pustakawan itu sangat luar biasa. Lihat di sini untuk membacanya. Melalui kepercayaan diri tersebut, mulailah dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter untuk bercengkerama dengan masyarakat, dan tunjukkanlah bahwa menjadi pustakawan memang benar-benar LUAR BIASA!!!.

Citra fisik juga perlu diperhatikan. Paradigma lama kita memperlihatkan bahwa banyak orang mencitrakan pustakawan sebagai seorang perempuan/laki-laki tua yang berkacamata tebal, bau buku, jarang tersenyum, dan benci keramaian. Yeah,,, itu dulu,,,. Berubahlah menjadi menarik. Pustakawan kita banyak yang muda-muda. Termasuk saya, hahaha :D . Gak ada salahnya pustakawan mengikuti mode/fashion. Ditambah dengan senyuman ramah yang menjadi penarik pemustaka supaya keranjingan ke perpustakaan dan membaca.

Kesimpulannya,,, mari kita bangun citra kita sebagai pustakawan yang LUAR BIASA. Yang SUPER SEKALI,,, (pinjam kata ya,,,Pak Mario Teguh :D ). Dan katakan dengan bangga I’M LIBRARIAN AND I PROUD OF THIS! ^_^


Salam pustakawan…

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...