Jumat, 16 Januari 2015

Pernah Bercita-cita Jadi Pustakawan

Daily  --  Tribun Jogja
Edisi  --  Sabtu, 17 Januari 2015
Hlm   --  8 : Celeb Life Style
Judul  --  Pernah Bercita-cita Jadi Pustakawan


"Saya sangat gemar membaca buku. Entah kenapa saya akhirnya terjun ke dunia akting. mungkin karena saya bisa merealisasikan karakter yang saya baca melalui berakting"

JULIANNE MOORE. Seorang aktris pemenang Golden Globe. Tiga nominasi Oscar dan tiga piala Golden Globes menjadi bukti mahirnya Julianne dalam berakting. Selain itu, ia juga dinominasikan sebagai aktris terbaik untuk film komedi dan musikal. Sangat jarang aktris mendapatkan nominasi ganda pada kategori terbaik. Tampaknya, memang Julianne patut diacungi 4 jempol. :D

Seperti apa yang diungkapkannya di atas, bahwa Julianne sangat gemar membaca buku. Dan seperti yang dikutip dari Tribun, bahwa ia bercita-cita menjadi seorang pustakawati. Namun, apa yang terjadi? Justru ia menjadi aktris handal yang dapat berdiri di hamparan karpet merah. Julianne mengira hobinya membaca buku akan mengantarkan ia kepada profesi pustakawan, yang tentu sangat ia idam-idamkan. Saya sangat tahu bagaimana rasanya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi. Yap,, pekerjaan akan terasa menyenangkan, dan hidup terasa sangat ternikmati. :D Bagaimana dengan kalian?

Julianne tidak mengira, ternyata hobinya membaca buku justru menggiringnya menjadi seorang aktris. Namun, ia menyadari bahwa kemungkinan besar, ia dapat menjadi aktris karena ia mampu merealisasikan karakter tokoh yang ada dalam naskah-naskah filmnya. Saya berasumsi bahwa kemampuan Julianne dalam merealisasikan karakter tersebut secara alami telah terpupuk sedikit demi sedikit mulai dari ia pertama kali membaca sampai dengan entah berapa bacaan yang telah dibacanya. Membaca membuat kita berimajinasi bebas tentang bacaan kita, meski terarah pada plot yang sudah dibuat oleh penulis, namun kita bebas menggambarkannya seperti apapun itu. Julianne Moore, saya rasa kemungkinan ia telah belajar dengan sangat baik melalui kemampuan membaca dan berimajinasinya. Yah,,  terbukti kan, bahwa membaca tak hanya sekedar mengisi waktu luang, tapi juga mengantarkan seseorang pada kesuksesan. Profesi apapun itu, butuh MEMBACA. Setuju bukan?

Ngomong-ngomong tentang kemampuan membaca seseorang, saya kok jadi teringat satu buku. Judulnya Libri di Luca. Buku itu bercerita tentang kemampuan-kemampuan yang terkait dengan membaca. Penasaran? hahaha. Memang dibuat penasara kok. Ok, lain kali saya pasti akan menuliskan tentang buku itu. Untuk sekarang ini,,, satu kata yang bisa saya suarakan. LETTO!

(Aih aih,,, bilang "Letto!" kok saya jadi teringat satu buku lagi. Judulnya "Bacalah!") ^_^

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...