Sabtu, 24 Januari 2015

Proud to be a Librarian

^_^          ^_^          ^_^

Tugas kami selanjutnya adalah melakukan riset perpustakaan untuk mendalami latar sejarah Indonesia tahun 1965 dan bagaimana Pemerintah Amerika melihat Indonesia saat itu. Meskipun kali ini kami tidak perlu tumpangan tapi Mas Garuda tetap memaksa untuk mengantar. Tujuan riset kami pertama adalah perpustakaan yang konon paling lengkap sedunia, Library of Congress atau LOC. Perpustakaan yang terletak di belakang Capiton Hill ini didirikan tahun 1800. Hebatnya, koleksi LOC terus tumbuh, tercata lebih dari 100 juta item ada di dalam katalognya, yang terdiri dari puluhan juta,  buku, film, kaset, microfilm, dan bahkan tablet batu yang berasal dari 2000 tahun sebelum masehi.

Kami berjalan melintasi ruangan perpustakaan di Gedung Congress yang berdinding pualam. Aku menengadah mengagumi langit-langit berlekuk dan tiang-tiang kekar bergaya Yunani. Kami sampai di loket peminjaman yang dijaga seorang perempuan kulit hitam dengan rambut keriting ikal dan wajah mirip Janet Jackson.  “Hi, my name is Bonnie. How can I help you, Sir?” sebuah pin besar tersemat di kelopak bajunya bertuliskan I am proud to be a librarian.

Profesor Deutsch pernah bilang bahkan kita bisa menemukan buku-buku tua yang sudah tidak ada di Indonesia. “Buku pelajaran ‘Ini Budi’ saja ada,” katanya. Mana mungkin? Tapi aku mau mencoba memasukkan kata kunci ke dalam katalog digitalnya. Banyak sekali buku tentang CIA dan juga sejarah Indonesia di masa Orde Lama. Di katalog aku juga menemukan Al-Quran terjemahan bahasa Inggris yang pertama dan Didjempoet Mamaknja, novel karya Buya Hamka yang terbit tahun 1962 yang selama ini sulit dicari. Aku ingat, ayah pernah bercerita bahwa novel ini bercerita tentang beberapa kelemahan pelaksanaan adat di Minang.

Ada pula Kamoes Bahasa Minangkabaoe-Bahasa Melajoe-Riaoe, karangan M. T. Sutan Pamuntjak yang diterbitkan di Batavia oleh Balai Pustaka tahun 1935, Majalah Panji Masyarakat edisi lama yang memuat gambar kampungku di Maninjau, serta buku Alam Takambang Jadi Guru karangan A. A. Navis.

Aku serahkan kertas yang berisi daftar buku yang aku cari kepada Bonnie. Beberapa menit kemudian dia datang membawa setumpuk buku-buku perminataanku. Ajaib, buku Hamka yang terbit sebelum aku lahir itu kini terpegang di tanganku. “Kami punya koleksi lengkap hampir semua buku karangan Hamka ini di sini’” Kata Bonnie seakan dia kenal dengan Hamka.

“Ayo Mas, mau pesen buku apa?” tantangku ke Mas Garuda.
“Mereka punya majalah Indonesia lama gak? Kayak Si Kuncung
“Coba aja.”

Dalam sekejap Bonnie kembali datang dengan sebuah bundel besar. Majalah Si Kuncung dari tahun ’60 sampai ’70. Mas Garuda langsung tergagap-gagap membalik-balik halaman. “Saya jadi ingat dulu sering membacakan cerita-cerita majalah ini untuk Danang.” Katanya dengan suara tercekat.

Sedangkan Dinara bersuka ria mendapatkan buku tahun 1983 yang sudah lama diincarnya, The Making of Tintinoleh Herge.

Aku terbungkuk-bungkuk berterimakasih kepada pustakawan ini. Dia tertawa ringan sambil bilang, “It is always nice to match a book with a person.” Senangnya menjodohkan buku dengan orang. Tidak ada yang lebih penting daripada riset yang baik untuk wawancara dan menulis. Dan tidak ada riset yang baik kalau tidak ada tenaga pustakawan yang berdedikasi.

Dengan agak narsis, aku iseng mengetik namaku sendiri di katalog elektroniknya. “Dinara, lihat ini!” teriakku menunjuk layar komputer yang berkedip-kedip. Bangga juga rasanya melihat namaku, dan juga Dinara, muncul sebagai tim penulis beberapa laporan investigasi yang diterbitkan oleh majalah Derap. Ternya kami punya potongan juga untuk masuk dalam katalog koleksi perpustakaan yang luar biasa ini.

^_^          ^_^          ^_^

Novel                    : Rantau 1 Muara
Penulis                 : Ahmad Fuadi
Penerbit               : Gramedia

Halaman              : 284-286 

Tidak ada komentar:

Berkawan IT untuk Kemajuan

Judul                : Teknologi Informasi dan Fungsi Kepustakawanan Penulis              : Rhoni Rodin Penerbit            : Calpulis ...